Pengaruh Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

fekrsw.com – Pertumbuhan ekonomi menjadi tolak ukur kesejahteraan ekonomi di dalam masyarakat. Salah satu hal yang mempengaruhi pertumbuhan ialah kegiatan investasi, yang akan menambah capita stock. Adanya capital stock nantinya digunakan untuk meningkatkan produktivitas, baik dalam kuantitas dan kualitas produksi. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus menyerap tenaga kerja. Simak ulasan berikut ini. 

Adanya Investasi Mengurangi Kesenjangan 

  1. Naiknya Pendapatan Nasional 

Investasi merupakan komponen penting dalam hitungan pendapatan nasional. Produk Domestik Bruto memiliki korelasi positif dengan investasi. Apabila investasi naik maka pendapatan nasional juga ikut naik. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, jika investasi turun maka pendapatan nasional turun. Keduanya saling berkaitan bahkan mempengaruhi satu sama lainnya. Jika salah satunya terkena dampak akan berimbas pada komponen satunya.

naiknya pendapatan nasional

Maka dari itu pemerintah memerlukan langkah strtegis berupa pembentukan modal. Tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan mengurangi adanya kesenjangan. Pembentukan stok modal biasanya bersumber dari kegiatan investasi di sejumlah pasar keuangan. Para investor akan menanamkan modal pada peluang yang tinggi manfaatnya. Artinya investor hanya meletakkan modal di tempat yang sekiranya Ia mendapat keuntungan. 

Kumpulan modal tersebut yang digunakan untuk proses produksi, sehingga menghasilkan barang dan jasa. Hasil komoditas tersebut akan digunakan masyarakat untuk memenuhi kebtuhannya di masa mendatang. Tidak ada modal berarti tidak ada sesuatu yang bisa dihasilkan, ataupun dikonsumsi oleh masyarakat. Apabila pemasukan terus menerus berada di garis nol, maka akan menurunkan pertumbuhan ekonomi secara global. 

  1. Naiknya Standar SDM  

Kaulitas SDM menjadi komponen  penting dalam pertumbuhan ekonomi. Naiknya SDM sama halnya dengan memperbaiki perekonomian Indonesia. Adanya investasi turut merubah tingkat SDM menjadi lebih baik, karena kebutuhan hidupnya tercukupi. Pemerintah akan bekerjasama dengan swasta dalam rangka mengolah investasi, tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara jangka panjang. 

Pertumbuhan yang terus meningkat akan memperbaiki perekonomian lebih stabil. Alhasil laju pertumbuhan ekonomi semakin berkembang, dan berdampak positif bagi kenaikan per kapita jangka panjang. Dengan begitu standar kualitas SDM bisa menjadi lebih baik, karena tandanya masyarakat hidup dalam perekonomian yang makmur. Adanya investasi akan memperluas lapangan pekerjaan, sehingga bisa memperkecil angka pengangguran. 

Baca Juga : Kembangkan Usaha Kuliner dengan Daftar Jadi Mitra GoFood dan GrabFood

  1. Tantangan Ekonomi Semakin Maju 

Pemerintah memiliki harapan jika investasi Indonesia bisa berada di peringkat 40 besar. Sehingga pertumbuhan ekonomi akan semakin maju berkat adanya investasi yang berperan penting. Maka dari itu pemerintah berusaha untuk memilah regulasi yang sekiranya menghambat kegiatan investasi di Indonesia. Hal ini ditujukan agar banyak investor yang percaya diri menanamkan modal di Indonesia. 

Adanya investasi akan mengurangi tingkat pengangguran, karena proses produksi terus berjalan. Adanya output akan memberikan pemasukan untuk para pekerja, sehingga mereka bisa memenehui kehidupan sehari-hari. Bisa dibilang investasi mewujudkan kesejahteraan ekonomi pada masyarakat. Mereka yang dulunya tidak mempunyai harapan hidup kini ada alasan untuk mempunyai pemasukan. Selain itu per kapita Indonesia semakin meningkat setiap saat. 

  1. Pembangunan Infrastruktur Merata 

Selama ini permasalahan ekonomi Indonesia terletak pada pembangunan infrastruktur yang tidak merata. Akibatnya antar daerah mengalami kesenjangan yang bisa menciptakan gap si kaya dan si miskin. Padahal hakikatnya Indonesia adalah negara kesatuan, yang mana tidak ada perbedaan golongan apapun. Namun nyatanya pemerintah sendiri yang menciptakan rongga besar untuk negaranya. Bahkan belum tau bagaimana cara untuk memperbaikinya. 

pembangunan infrastruktur merata

Adanya investasi harapannya akan memutus rantai kesenjangan antar daerah. Tidak ada lagi keluhan perekenomian yang berbeda. Investasi akan menunjang adanya pembangunan infrastruktur yang memadai untuk daerah berkembang. Misalnya pembangunan jalan untuk daerah pedalaman Papua. Hal ini ditujukan agar masyarakat mempunyai hak yang sama, yaitu sama-sama bisa merasakan bahwa ekonomi sudah berkembang sekian jauh. 

  1. Pendapatan Per Kapita Bertambah

Tidak dipungkiri adanya investasi akan memperluas lapangan pekerjaan. Hal ini menjadi solusi jitu untuk mengurangi pengangguran, yang mana angkanya kita bertambah. Wajar angka pengangguran yang tinggi terjadi pada negara berkembang. Mengingat pertumbuhan penduduk yang diluar kendali, meskipun sudah menggalakkan program dua anak cukup. Bukan suatu kesalahan jika jumlah penduduk meningkat, tinggal siasat pemerintah untuk mengatasinya. 

Apalagi pada era bonus demografi nantinya, Indonesia perlu membuka lebar investasi yang masuk. Karena perkiraan tahun 2020-2025 jumlah penduduk yang bertambah semakin tidak terkendali. Sadar atau tidak nantinya lapangan pekerjaan akan menipis, justru meningkatkan angkan pengangguran. Maka dari itu pemerintah harus mempersiapkan diri sejak sekarang, misalnya mempermudah regulasi investasi. Mengingat masa bonus demografi akan berlangsung selama 5 tahun. 

Investasi sebenarnya bukan tolak ukur pertumbuhan ekonomi. Ia hanya sebagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. Kehadiran investasi nyatanya mampu mengubah kesenjangan ekonomi, yang sempat menjadi rongga besar dalam perekomian. Angka pengangguran semakin berkurang karena investasi terus meningkatkan proses produksi. Alhasil kesejahteraan ekonomi mampu tercipta dan menjadi wujud keberhasilan negara. 

, ,