Langkah Membuat Bisnis Coffee Shop yang Digemari Semua Kalangan

fekrsw.com – Beberapa waktu belakangan minuman kopi mulai menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Tidak disangka, kopi yang dulu diidentikan dengan para pekerja bangunan kini malah dinikmati masyarakat dari segala kalangan. Warung minuman kopi atau bisnis coffee shop ini sudah menjamur hampir di seluruh wilayah Indonesia saking populernya.  

Segala kalangan masyarakat mulai dari remaja, dewasa, mahasiswa hingga pekerja kantoran suka mengkonsumsi kopi saat bekerja atau berdiskusi. Tidak hanya masyarakat kita, hampir seluruh orang didunia pun senang minum kopi. Karena fakta tersebut, maka muncul bisnis minuman kopi atau coffee shop yang menjadi peluang bisnis paling menjanjikan saat ini.

Bisnis Coffee Shop Bisnis Paling Menjanjikan

Jangan ragu memulai bisnis coffee shop karena ada banyak peluang yang dapat ditemukan. Ada banyak para ahli yang bisa Anda tanyakan sekaligus belajar tentang bisnis coffee shop. Tertarik memulai bisnis minuman kopi yang digemari semua kalangan? Ikuti langkah-langkah memulai bisnis coffee shop dari beberapa aspek.

Merancang Konsep yang Matang

Terlebih dahulu, buat rancangan konsep yang matang sebelum membangun sebuah coffee shop. Mulai rancangan konsep Anda dari

1. Model Coffee Shop

Anda bisa memilih beberapa tipe dari coffee shop yang ingin dibangun sesuai kalangan masyarakat. Misalnya, membangun coffee shop untuk kalangan menengah ke atas, atau mendirikan warung kopi sederhana untuk kalangan menengah ke bawah. Jadi, sebelum mendirikan bisnis minuman kopi, menentukan model coffee shop terlebih dahulu merupakan hal penting yang perlu diperhatikan pelaku bisnis ini.

2. Tentukan Market

Langkah baik mendirikan coffee shop dimulai dengan menentukan market atau target konsumen terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda sudah mempunyai gambaran seperti apa nantinya coffee shop yang akan dibuka. Langkah-langkah berikutnya semakin mudah ditentukan apabila pelaku bisnis minuman koi telah mengetahui target pasar yang diincar.

3. Langkah Strategi yang Diambil

Memang tidak mudah bagi seseorang dalam membangun dan mengembangkan bisnis minuman kopi yang bisa disukai semua kalangan. Agar usaha berjalan lancar dan balik modal cepat, memang perlu beberapa persiapan.

bisnis coffee shop

Wawasan tentang dunia bisnis sangat dibutuhkan saat Anda menjalani bisnis coffee shop ini. Misalnya bagaimana diversifikasi bisnis dilakukan, bagaimana cara mengembangkan produk dan pasar, hingga apa strategi promosi yang harus dilakukan selama menjalankan bisnis tersebut. 

4. Membuat Perencanaan 

Apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang sudah Anda buat rencananya sejak awal mendirikan coffee shop. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan cara menghadapi kompetitor yang tepat. Jika perencanaan sudah dibuat matang dari awal, akan ada kesempatan dimana bisnis Anda meningkat di masa mendatang. 

Baca Juga : Alasan Penyebab Tutupnya E-Commerce Blanja.com

Memiliki Modal Usaha

Tidak sedikit modal yang dibutuhkan saat membangun sebuah coffee shop. Mulai dari biaya sewa bangunan yang bukan milik sendiri hingga fasilitas pendukung lainnya tentu akan memakan dana besar. Setidaknya, siapkan modal usaha minimal 20 juta rupiah untuk digunakan membeli kebutuhan dan peralatan coffee shop Anda. 

Temukan Lokasi Strategis

Dalam suatu usaha ada satu peran penting yang harus diisi selain modal yaitu pemilihan lokasi atau tempat menjalankan bisnis tersebut. Berhasil tidaknya suatu bisnis dapat ditentukan oleh pemilihan lokasi. Jika ingin bisnis coffee shop Anda laris manis, maka temukan tempat atau lokasi strategis yang mudah ditemukan pelanggan. 

Carilah lokasi usaha dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti dekat dengan lokasi mall, kantor kampus atau yang berada di keramaian. Agar sasaran pasar Anda tepat, maka sesuaikan target market dan pemilihan tempat yang akan dibangun bisnis minuman kopi tersebut. 

Pilih Supplier Kopi yang Tepat

Beberapa daerah di Indonesia telah menjadi supplier kopi ternama. Setelah Vietnam dan Brazil yang terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia juga termasuk di dalamnya dan menempati posisi ketiga. Tentu saja, Indonesia memiliki kopi berkualitas dan rasa terjamin. 

Beberapa produk kopi Indonesia yang sudah dikenal banyak orang adalah Kopi Toraja, Kopi Arabika Wamena, Kopi Bali Kintamani, Kopi Aceh Gayo dan masih banyak lagi. Jika ingin mendapatkan supplier kopi terbaik maka bisa dengan mendatangi langsung daerah-daerah penghasil kopi berkualitas tersebut. 

Siapkan Peralatan

Dengan modal awal, siapkan peralatan-peralatan yang menunjang kegiatan usaha minuman kopi kekinian. Beliliah peralatan dan perlengkapan kopi dengan harga terjangkau namun tidak kurang kualitasnya. Mulai dari moka pot, ketel pemanas, mesin grinder, dan masih banyak lagi perlengkapan yang perlu dibeli. 

Jika membuka usaha ini, Anda juga perlu menyiapkan fasilitas yang harus ada dalam coffee shop seperti kursi, meja, cangkir, wifi, hingga aksesoris untuk membuat tampilan interior menjadi menarik. Buatlah tampilan coffee shop semenarik mungkin sehingga perhatian banyak orang bisa tertuju pada bisnis Anda. 

Sajikan Menu Menarik 

Coffee shop memang menyediakan menu-menu yang identik dengan kopi. Selain kopi, Anda dapat menjual menu tambahan lain seperti calamari ring, roasted chicken, pasta, salad, nachos, dessert, minuman teh dan sebagainya. 

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang tepat dapat menentukan kesuksesan bisnis coffee shop. Untuk meningkatkan penjualan, maka pertimbangkan seorang marketer untuk membantu mengembangkan bisnis. Jika dirasa kurang efektif, gunakan jasa promosi dari beberapa food blogger atau ikut serta bazar makanan. Selamat mencoba!

 

, , , , , ,