Beberapa Produk Fintech yang Bermanfaat Untuk Masyarakat

fekrsw.com – Saat ini, ada berbagai perusahaan fintech yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Dengan adanya pertumbuhan tersebut membuat banyak opsi dan kemudahan untuk masyarakat dalam melakukan transaksi finansial, dimana hal tersebut tentu saja membuat literasi keuangan menjadi meningkat. Perusahaan fintech di Indonesia ada banyak macam, berikut beberapa jenis produk fintech yang bermanfaat untuk masyarakat.

Macam-Macam Produk Fintech yang Bermanfaat Untuk Masyarakat Indonesia

  1. OVO

OVO merupakan sebuah aplikasi yang mempunyai peranan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi secara online. Tidak hanya itu, OVO juga akan memberikan para pengguna untuk mengumpulkan poin setiap kali melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi OVO. Secara luas, OVO dapat digunakan untuk melakukan bermacam macam transaksi di mitra yang telah bekerjasama dengan OVO menjadi lebih cepat dan praktis.

ovo fintech untuk transaksi online

Poin yang sebelumnya dikumpulkan pengguna akan dijadikan OVO Points, sebuah loyalty reward pada saat melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant merchant mitra kerja OVO. OVO Points sendiri bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik atau juga bisa ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO. Secara umum, OVO menawarkan kemudahan transaksi kepada para pengguna tanpa perlu membawa cash terlalu banyak.

OVO termasuk dalam jenis fintech payment gateaway. Dimana dalam pertumbuhannya tidak diawasi lagi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), melainkan diawasi secara langsung oleh Bank Indonesia. Sebab proses pembayaran akan ditanggung oleh Bank Indonesia. Perlu diketahui, fintech yang berbentuk payment gateaway memiliki peranan sebagai jembatan antara e-commerce dan pelanggan yang lebih fokus dalam sistem pembayaran.

Baca Juga : Iklim Investasi di Indonesia Saat Ini

  1. CekAja

CekAja merupakan salah satu produk dari fintech aggregator. Dimana jenis fintech satu ini cenderung memiliki peran sebagai perbandingan suatu produk keuangan. Pasalnya, jenis fintech aggregator akan mengumpulkan serta mengoleksi data data dari finansial yang dijadikan sebagai referensi oleh para penggunanya. Dengan kata lain, produk yang termasuk dalam jenis fintech satu ini akan mendapatkan julukan Comparison site atau financial aggregator.

Dijelaskan CekAja merupakan sebuah situs yang bisa memberikan layanan informasi dan perbandingan netral serta terpercaya guna membantu masyarakat dalam membuat keputusan financial yang cerdas. Fintech tersebut juga memberikan berbagai pilihan produk finansial dan asuransi secara mudah, cepat, dan singkat. CekAja telah didukung oleh sejumlah rekanan bank terbaik dan lembaga asuransi terpercaya. Fintech satu ini juga didukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman di bidangnya.

CekAja menjadi sistem pencarian pinjaman yang mudah dan simpel dengan adanya kalkulator online. Yang menarik dari fintech satu ini adalah saat akan melakukan pinjaman, calon nasabah tidak perlu memberikan jaminan apapun. Sehingga calon nasabah hanya perlu menghubungi pihak penyedia dana untuk melakukan pengajuan peminjaman serta telah memenuhi syarat yang diberikan.

  1. Kitabisa

Salah satu fintech yang sangat bermanfaat untuk masyarakat luas adalah produk jenis crowdfunding. Pasalnya produk finansial satu ini merupakan salah satu bentuk pendanaan yang modalnya berasal dari berbagai pemilik modal. Dimana saat modal yang diinginkan telah terkumpul, nantinya akan diberikan kepada para pelaku bisnis atau untuk menunjang bisnis miliknya sendiri.

kitabisa fintech crowdfunding

Kebanyakan crowdfunding akan menemukan investor dengan pencari modal dan kelayakan marketplace di e-commerce. Fintech satu ini memiliki basis patungan dan biaya massal, serta diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak hanya bermanfaat bagi para pelaku bisnis, crowdfunding juga bermanfaat guna menggalang dana untuk mendanai sebuah karya hingga membantu korban bencana alam.

Salah satu produk fintech crowdfunding yang berkembang di Indonesia adalah Kitabisa.com. Dimana platform tersebut dapat digunakan untuk menggalang dana dan donasi secara online. Kitabisa sendiri bergabung sejak tahun 2013 dan sudah ada empat belas ribu orang yang telah mendapatkan dana melalui Kitabisa. Dimana dana tersebut terkumpul dari berbagai orang dermawan yang menyalurkan bantuan dengan suka rela.

  1. Tunaiku

Tunaiku adalah sebuah produk fintech peer to peer lending. Produk peer to peer lending memang tidak jauh berbeda dengan fintech crowdfunding, pasalnya jenis fintech satu ini bisa mempertemukan peminjam modal dengan pemberi modal melalui sistem elektronik. Namun peer to peer lending cenderung membantu masyarakat UMKM dalam meminjam dana tanpa menggunakan rekening bank. Dengan begitu, produk fintech satu ini bisa menjadi isu yang signifikan dalam mengembangkan usaha.

tunaiku fintech pinjaman online

Tunaiku sendiri menawarkan kemudahan bagi para UKM yang membutuhkan pendanaan dalam mengembangkan usaha melalui pinjaman modal usaha. Platform satu ini menyediakan akses permodalan kepada para pelaku usaha dengan menawarkan suku bunga yang kompetitif dan fleksibel dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan.

Itulah beberapa produk fintech yang bermanfaat dan membantu masyarakat. Dengan adanya produk produk tersebut, bukankah proses ekonomi di Indonesia menjadi lebih mudah dan praktis? Apalagi jika produk fintech tersebut mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat dengan berbagai tingkat ekonomi. Tidakkah Anda tertarik dengan kemudahan transaksi fintech?

, , , , ,