Arti dan Tips Bekerja Remote

Kerja remote merupakan sebuah sistem kerja di mana tidak mewajibkan para karyawannya untuk datang ke kantor, namun sebagai gantinya mereka dibebaskan untuk mengerjakan tugas-tugasnya di mana saja sesuka hati. Baik bekerja di rumah, co- working space, cafe,  perpustakaan atau tempat-tempat yang lainnya.

Sistem kerja seperti ini sekarang memang sedang trend, bahkan ada banyak perusahaan start up yang menawarkan pilihan kerja remote kepada pegawainya. Bila merujuk pada hasil survei yang ada di Indonesia, sekitar 34% pekerja di negara ini sudah melakukannya.

Sebenarnya sistem kerja remote tetap memiliki kelebihan dan kekurangan, kalau misalnya kelebihan yang dimiliki adalah lebih fleksibel dalam hal lokasi dan juga waktu, kamu memiliki banyak waktu untuk keluarga serta biaya yang dikeluarkan tidak sebesar bila setiap hari harus datang ke kantor.

Lalu kekurangannya sendiri ada pada gangguan-gangguan seperti koneksi yang tidak stabil, lingkungan yang terlalu berisik, kemudian ada pula kurangnya rasa percaya antara bos dengan pegawai, terakhir adalah kedekatan antara kamu dengan tim atau rekan.

Tips Bekerja Remote Agar Lebih Menyenangkan

Tentunya ketika akan bekerja secara remote ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan lancar. Sebab, jika beberapa faktor dibawah ini tidak terpenuhi, bisa saja tugas-tugas tersebut tidak dapat selesai atau menjadi berantakan.

Mencari tempat kerja yang nyaman

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kerja menggunakan sistem remote memang bisa dilakukan dari mana saja, misalnya seperti di rumah, cafe, perpustakaan atau tempat lain yang memang dirasa nyaman. Lokasi tempat kamu akan bekerja sangatlah menentukan dan memberikan pengaruh yang besar pada produktivitas serta efektivitas kerja.

Ketika sudah nyaman dengan suatu lokasi biasanya pekerjaan-pekerjaan yang dimiliki bisa lebih cepat selesai. Tentu jika seluruh pekerjaan tersebut sudah selesai kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak dan dapat bersantai. Bayangkan jika salah memilih lokasi, yang seharusnya nyaman malah membuat kamu tidak dapat bekerja sama sekali. Jadi pastikan jika lokasinya bisa memberikan ketenangan sehingga dapat berkonsentrasi dengan baik.

Mempersiapkan software yang penting

Apabila sudah menemukan tempat untuk bekerja yang dianggap nyaman, maka hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah software dan alat-alat penting yang dapat menunjang pekerjaan. Contohnya ketika kamu bekerja dalam tim maka ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk berkomunikasi.

Dengan begitu apabila kendala ketika mengerjakan tugas, akan dengan mudah bagi kamu untuk bertukar pikiran dengan rekan kerja lainnya. Kamu dapat mendownload beberapa aplikasi penunjang seperti WhatsApp, telegram, zoom meeting atau aplikasi-aplikasi lain dan pastikan jika kesemuanya memang dibutuhkan dalam penyelesaian pekerjaan.

Membuat alur kerja

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat alur kerja, buatlah sedetail mungkin agar kamu dapat mengerjakan tugas-tugasmu dengan benar dan tepat waktu. Karena masing-masing pekerjaan pastinya memiliki alur kerja yang berbeda, untuk memudahkan kamu dapat menggunakan tiga hal berikut:

  • Apa yang saat ini harus dikerjakan?
  • Apa yang berikutnya perlu dikerjakan ketika pekerjaan yang sebelumnya telah selesai?
  • Apa yang kamu harapkan dari selesainya tugas tersebut?

Baik kamu ataupun rekan kerja yang lain haruslah mengetahui apa saja tugas-tugas yang diberikan, tentunya hal ini sangat penting agar kalian dapat memeriksa progres masing-masing. Contoh bila kamu merupakan seorang ketua tim dan kemudian ada masalah pada pekerjaan yang saat ini sedang dijalani, keberadaan alur kerja ini akan sangat mempermudah kamu mengetahui letak kesalahannya.

Membuat jadwal laporan rutin

Berikutnya adalah dengan membuat jadwal laporan rutin, fungsi dari adanya laporan ini adalah supaya kamu dapat berdiskusi dengan partner kerjamu. Selain untuk menumbuhkan hubungan yang baik, adanya laporan dapat menjadi salah satu ajang mengurai masalah serta memperbaiki kinerja.

Seberapa sering seharusnya pembuatan laporan ini? Tentunya tergantung dengan jumlah dari rekan yang kamu miliki dan juga bagaimana beban kerja masing-masing individu. Semakin sedikit anggotanya tentu jumlah laporan yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Selain itu fungsi lain dari laporan ini adalah untuk menghindari terjadinya satu tugas dikerjakan oleh beberapa orang sehingga apabila hal seperti ini terjadi maka pekerjaan menjadi tidak efisien. Sebab mau tidak mau salah satu diantaranya harus mengulang untuk mengerjakan tugas lainnya.

Membuat jadwal khusus untuk meeting

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat jadwal khusus untuk melakukan meeting atau rapat dengan para rekan kerja maupun pihak kantor. Hal ini dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan zoom meeting atau aplikasi penunjang rapat lainnya. Atau bisa juga dengan datang langsung ke kantor guna membahas hal-hal yang diperlukan.

Adanya kegiatan rapat tentunya untuk mengetahui bagaimana kemajuan dari pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan dan mencari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh rekan kerja. Selain itu pengadaan meeting juga akan membantu kamu untuk membangun kedekatan dengan partner serta mengetahui apakah kamu dan tim memang memiliki visi dan misi yang sama.

 

,